Minggu, 18 Desember 2011

Social media dan strategi para HR

Kemunculan facebook, twitter dan social media lainnya juga berdampak pada perubahan strategi perusahaan dalam mendekatkan diri dengan customer. Di akun facebook saya saja ada banyak sekali akun yang berasal dari produk-produk tertentu. Saya sendiri lupa siapa yang nge-add duluan (hehehe...). Pertanyaannya adalah mengapa banyak perusahaan yang ikut-ikutan eksis di dunia maya?

Setelah saya membaca beberapa artikel, ada komentar dari Bapak Ir. Eddy Denastiadi Erningpraja M.T sebagai direktur SDM dan Umum PT PLN (Persero), beliau sependapat bahwa HR sudah harus lebih melek dengan teknologi. Social media, menurutnya menjadi wadah yang tidak boleh dihindari, apalagi dimusuhi. Justru orang HR harus bisa memanfaatkan jejaring di dunia maya, untuk tujuan membantu tugas dan fungsi HR tanpa melupakan fungsi utamanya.

“Kita sudah melakukan banyak hal dan perubahan di PLN, tapi kalau informasi ini tidak sampai ke masyarakat, ini malah menjadi kontraproduktif dengan langkah-langkah yang telah diupayakan oleh insan PLN. Padahal, jam berapa pun kalau ada masalah, kita langsung turun tangan untuk menyelesaikan,” katanya. Untuk itulah, Eddy mengaku telah memiliki ancang-ancang strategi agar karyawannya bisa melakukan komunikasi yang efektif melalui social media, yang pada akhirnya akan memberikan kepuasan kepada customer.

Masih di akun facebook saya, sering skali wajah cantik nikita yang sedang makan coklat muncul untuk skedar menyapa dan update status, kadang juga mengadakan lomba foto narsis dengan memakan Chocolatos.
Buat saya, ya inilah kemajuan teknologi yang menyebabkan perubahan sosial dan perubahan dalam perusahaan untuk lebih dekat dengan para customernya. Ketika biaya iklan di televisi dan surat kabar semakin tinggi, maka ada alternatif lain untuk melakukan promosi dengan biaya yang cukup rendah.

Sebelum terjun ke media online, yang harus dipersiapkan adalah sumber daya manusia serta strategi yang selalu diupdate supaya tetap pada visi misi perusahaan. Apakah produk/perusahaan anda sudah eksis di dunia maya? lebih baik kita mencobanya daripada tidak sama sekali.

Salam Sukses


0 comments:

Posting Komentar